Selasa, 17 November 2020

Inilah Protokol Kesehatan Covid 19 di Kawasan Wisata Alam

Tahukah kamu kalo Kawasan wisata alam menjadi destinasi wisata yang pertama kali dibuka untuk umum secara bertahap (Berdasarkan SK Menteri LHK No. SK.261/MENLHK/KSDAE/KSA.0/6/2020 tanggal 23 Juni 2020). Pembukaan kawasan wisata alam ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa masyarakat membutuhkan rekreasi yang relatif aman dan memberikan manfaat bagi kesehatan.

Seperti yang kita tahu kalo jalan-jalan ke Taman Nasional, Taman Wisata Alam, dan Suaka Margasatwa menjadi pilihan berwisata di masa adaptasi kebiasaan baru karena tidak hanya menawarkan kesegaran udara namun juga ketenangan dan keasrian alam.



Berikut ini adalah informasi yang harus kalian perlu ketahui mengenai protokol kesehatan Covid 19 di Kawasan Wisata Alam, sehingga kegiatan berwisata yang kalian rencanakan dapat berjalan dengan aman dan nyaman.

  1. Pembatasan jumlah pengunjung.  Jumlah pengunjung dibatasi hanya 10 sampai 30% dari daya dukung dan daya tampung lokasi wisata. Jumlah ini dapat ditingkatkan secara bertahap hingga mencapai 50% sesuai hasil evaluasi.
  2. Jaga jarak. Seluruh pengunjung dan petugas wajib menjaga jarak dan menghindari kontak fisik selama berada di lokasi wisata alam.
  3. Penggunaan masker dan hand sanitizer. Masker wajib digunakan oleh seluruh pengunjung dan petugas di kawasan wisata alam. Fasilitas cuci tangan dan atau hand sanitizer disediakan oleh pengelola, namun  pengunjung disarankan untuk membawanya sendiri.
  4. Pemeriksaan suhu tubuh. Seluruh Pengunjung dan petugas akan dicek suhu tubuhnya untuk memastikan  semua orang yang berada di area wisata alam dalam kondisi sehat.
  5. Dokumen surat sehat. Pengunjung wajib memiliki surat sehat untuk memasuki area wisata alam.
  6. Asuransi. Pengunjung disarankan memiliki asuransi kesehatan bilamana terjadi kondisi yang tidak diinginkan saat berkunjung.
  7. Pendakian One day trip. Kegiatan pendakian di wisata alam hanya diperbolehkan satu hari (one day trip).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Hubungi Kami